Kolom

Cara Mengelola Bisnis Makanan Ayam Bakar

Saat ini bisnis kuliner semakin populer sekali di dunia ini. Semakin bermacam – macam sekali makanan di era sekarang yang mulai diciptakan. Namun meskipun begitu maka untuk makanan tradisional juga masih tetap saja banyak penikmatnya dan tidak akan lekang tergeser oleh waktu. Malahan berbagai makanan tradisional mulai di kembangkan menjadi suatu hal yang memiliki cita rasa yang lebih nikmat dan juga unik. Salah satunya ayam bakar, walaupun makanan ini merupakan sebuah makanan tradisional namun tidak kalah nikmat dengan masakan modern lain dan juga masakan ini telah banyak dikembangkan hingga menjadi masakan yang digemari banyak orang dan menjadi peluang bisnis yang sangat bagus.

Cara Menjadi Pengusaha Ayam Bakar Sukses

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa bisnis ayam bakar ini merupakan sebuah bisnis yang memiliki prospek yang sangat bagus untuk kedepannya. Nah untuk itu bagi Anda yang memang ingin membuka bisnis ayam bakar ini maka kami akan memberitahukan caranya agar Anda bisa menjadi seorang pengusaha ayam bakar yang sukses dan memiliki omset penjualan yang besar.

  • Menentukan lokasi jualan

Dalam sebuah bisnis kuliner, salah satu aspek yang paling penting sebelum Anda memulai bisnis tersebut adalah bagaimana Anda menentukan lokasi Anda membuka bisnis Anda tersebut. Hal ini memang akan sangat krusial sekali untuk kemajuan bisnis Anda tersebut. Jika sampai Anda salah dalam menentukan tempat maka bisnis Anda akan sepi pengunjung dan terancam bangkrut. Nah yang harus Anda perhatikan adalah calon lokasi atau tempat yang akan Anda jadikan usaha tersebut haruslah strategis dan ramai penduduk. Pokonya jalan atau akses menuju ke tempat tersebut haruslah mudah dijangkau. Jika Anda mempunyai banyak uang lebih baik Anda menyewa tempat di pusat perbelanjaan yang ramai. Biasanya biaya sewa tempat antara 1 sampai 3 juta per bulan.

  • Mempersiapkan bahan baku

Nah yang harus Anda lakukan selanjutnya setelah menemukan tempat adalah mempersiapkan bahan baku yang nantinya akan Anda olah menjadi hidangan jadi ayam bakar tersebut. Pokonya Anda harus menyiapkan bahan baku yang berkualitas agar hidangan yang tercipta memiliki rasa yang enak dan juga berkualitas juga. Pertama tama Anda harus menargetkan berapa porsi yang akan Anda buat, nah lalu tinggal diperkirakan bahan apa saja dan berapa banyak yang dibutuhkan untuk membuat target porsi tersebut. Nah biasanya harga bahan – bahan yang dihabiskan untuk memasak ayam sebanyak 15 ekor adalah 1,35 juta. Nah harga ini tentunya akan sangat bervariasi sekali, tergantung dimana Anda membeli semua bahan tersebut. Namun biasanya jika Anda membeli banyak maka harganya akan dimurahin.

  • Persiapkan peralatan

Selain bahan, Anda juga harus menyiapkan berbagai macam yang memang akan mendukung atau dibutuhkan untuk membuat produk ayam bakar tersebut. Dalam hal ini Anda harus memperkirakan dengan benar apa saja yang memang Anda  butuhkan dalam menjalankan usaha ayam bakar Anda tersebut. Karena jika Anda salah memperkirakan maka akan terjadi masalah ketika nantinya usaha Anda sedang berjalan. Jika kita melihat anggaran dana dari contoh bisnis orang lain, mereka membutuhkan dana sebesar 2,4 juta untuk membeli semua peralatan yang dia butuhkan.

  • Mengetahui kelebihan dan kekurangan

Kelemahan dari bisnis ini adalah terbuat dari ayam ataupun bahan – bahan yang sangat mudah basi sehingga Anda tidak bisa menyimpan masakan atau ayam bakar terlalu lama. Jadi Anda hanya bisa menyajikan ayam bakar yang memang baru dibuat agar rasanya jauh lebih enak. Nah kelebihan dari masakan ayam bakar minat masyarakat Indonesia ini sangat tinggi. Hal ini karena memang harganya yang sangat terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh berbagai macam kalangan. Jadi siapa pun orangnya, mereka akan bisa menikmati ayam bakar dengan harga yang terjangkau ini.

  • Buat promosi yang sangat menarik

Selain beberapa hal tersebut, Anda juga harus memikirkan benar – benar mengenai promosi tersebut. Hal ini karena memang ketika Anda ingin bisnis Anda sangat maju, maka pastinya Anda harus berusaha membuat promosi dengan sebaik dan juga semenarik mungkin. Begitu juga sebaliknya, ketika promosi yang Anda lakukan tidak menarik maka bisnis Anda akan sangat sulit untuk berkembang. Anda bisa menggunakan berbagai macam media sosial yang Anda punya dan juga Anda bisa menggunakan jasa endorsement agar bisnis ayam bakar Anda bisa lebih banyak dikenal orang dan nantinya akan semakin banyak orang yang berminat untuk membeli ayam bakar Anda.

  • Menjaga cita rasa

Nah yang penting lagi Anda  harus berusaha menjaga cita rasa ayam bakar yang Anda miliki. Sebab jika Anda tidak bisa menjaga cita rasa yang dari bisnis Anda maka Anda tidak akan pernah kehilangan para konsumen setia dari para konsumen setianya. Namun jika Anda sekali saja merubah cita rasa yang dimiliki oleh bisnis Anda maka yang ditakutkan adalah pelanggan Anda akan pergi meninggalkan Anda dan mencari restoran ayam bakar yang lainnya.

Analisis Keuntungan Dari Bisnis Ayam Bakar

Nah seperti yang kami bilang sebelumnya bahwa bisnis ayam bakar ini memanglah berprospek bagus dan juga memiliki profit yang memang cukup tinggi. Oleh karena itu berikut ini kami akan membahas besaran profit yang bisa Anda dapatkan ketika nantinya Anda akan dapatkan ketika nantinya Anda menjalani bisnis ayam bakar ini. Kita asumsikan saja bahwa nantinya Anda akan menjual 2.400 porsi dengan harga 25 ribu yang berarti penghasilan Anda 60 juta. Nah namun uang tersebut akan dikurangi dengan biaya modal dan juga operasional bulanan yang berarti untung bersih Anda sekitar 40 juta.

Share Button